KOMPROMIS MEDIS-CASE REPORT (FKG USU)

BAB 1

PENDAHULUAN

 

  1. A.    LATAR BELAKANG

 

            Kompromis medis adalah suatu bahasan yang mencakup hubungan timbal balik antara penyakit sistemik yang diderita oleh seorang pasien dengan keadaan ronggga mulut, yang mana penyakit sistemik dapat memberikan dampak atau manifestasi di dalam rongga mulut dan penyakit di rongga mulut dapat memberikan dampak pada keadaan sistemik tubuh. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama antara dokter ahli penyakit dalam dengan dokter gigi untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam meningkatkan kualitas hidup pasien.

            Bagian anggota tubuh memiliki kaitan erat antara satu dengan yang lain. Dalam hal ini rongga mulut, gigi serta jaringan lunak jika tidak diperhatikan perawatannya akan menjadi salah satu faktor atau predisposisi timbulnya penyakit-penyakit pada organ lain yang jauh dari mulut. Dewasa ini masyarakat sering mengeluhkan adanya gejala-gejala di rongga mulut yang kurang diketahui oleh mereka bahwa hal tersebut merupakan dampak atau manifestasi dari penyakit sistemik yang mereka derita, bahkan banyak penyakit bagian tubuh lain yang mempunyai gejala-gejala pertama kali di rongga mulut dan sering dokter gigi lah yang menemukan penyakit sistemik yang diderita oleh pasien. Sehingga ini merupakan tantangan bagi bidang kedokteran gigi untuk lebih memberikan penyuluhan serta pengetahuan kepada masyarakat bahwa rongga mulut merupakan salah satu bagian dari tubuh yang penting untuk di jaga kesehatannya serta memberikan pemahaman bahwa rongga mulut adalah salah satu pintu masuknya sumber penyakit.

            Dalam makalah ini akan dibahas tentang penyakit sistemik baik etiologi, patogenesis, dan penatalaksanaan serta hubungan penyakit sistemik dengan rongga mulut dan implikasinya di kedokteran gigi, sehingga di harapkan menambah pengetahuan serta pemahaman lebih luas terutama kepada dokter gigi untuk mempertimbangkan prosedur dental yang akan dilakukan agar memberikan tingkat keberhasilan perawatan dental yang tinggi dan meminimalisasikan risiko atau memperparah penyakit yang telah diderita oleh pasien.

 

 

  1. B.     DESKRIPSI TOPIK

 

            Seorang pasien wanita berusia 55 tahun datang kepraktek dokter gigi dengan beberapa keluhan di rongga mulutnya yaitu pembengkakan pada gusi di rahang atas dan rahang bawah, lubang besar pada gigi geraham kanan bawah dan goyang pada gigi depan bawah. Dari anamnesis diketahui bahwa pembengkakan pada gusi terjadi sejak 6 bulan lalu dan pada saat menyikat gigi sering terjadi pendarahan spontan. Lubang pada gigi geraham kanan bawah terjadi 1 bulan yang lalu, awalnya berukuran kecil dan lama kelamaan menjadi semakin besar, namun tidak sakit. Pasien hanya merasakan ada bau mulut dari gigi tersebut. Pasien juga ingin mencabut gigi depan bawahnya karena goyang.

            Dari anamnesis juga diketahui bahwa pasien pernah dirawat di rumah sakit sekitar 3 bulan lalu dengan keluhan lemah lengan dan tungkai kiri yang dialami secra tiba-tiba saat pasien baru bangun dari tidur. Keluhan tersebut juga disertai dengan cara bicara pelo (celat) dan sudut mulut sebelah kiri jatuh. Pasien juga mengatakan bahwa tekanan darahnya sekitar 1 minggu yang lalu adalah 130/80 mmHg. Sampai saat ini, pasien masih mengkonsumsi obat aspirin, captropil, dan diuretik lasix untuk mengobati penyakit tersebut.

            Pemeriksaan ekstra oral menunjukkan suduk mulut kiri dan kanan tidak simestris. Pemeriksaan intra oral menunjukkan gigi 46 karies profunda dn tidak sakit, gigi 34 mobiliti 3, serta gingiva rahang atas dan bawah banya terdapat plak dan kalkulus, gingiva anterior rahang bawah terdapat periodontal poket disetai kehilangan perlekatan dan OHIS buruk.

 

DOWNLOAD DISINI

 

sumber: perwakilan komisi A psmkgi (2012-2014) FKG USU

daftar pustaka: silahkan hubungi Admin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s